ucapan selamat datang

Selamat datang..

Senin, 11 Oktober 2010

Tugas SPM Culture Corporate

ARIESTA FARADILLA NS
C1C007039
Akuntansi A

Budaya Perusahaan (Culture Corporate ) pada PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor.
Persaingan yang ketat dalam dunia bisnis dewasa ini membawa dampak
pada konsekuensi logis keharusan bagi perusahaan untuk mampu mengelola dan
mengembangkan sumberdaya manusia sebagai salah satu pilar kekuatan
perusahaan yang strategis. Upaya pengelolaan sumberdaya manusia yang dinamis
ini dapat dimulai dengan penciptaan nilai-nilai budaya kerja oleh perusahaan.
Budaya perusahaan sebagai sesuatu yang abstrak karena hanya berupa perjanjian
psikologis perusahaan dengan karyawan, namun sangat signifikan mempengaruhi
dan menjadi karakteristik pola perilaku perusahaan mendapat tempat yang
istimewa untuk dikaji secara ilmiah dalam hubungannya dengan disiplin kerja
karyawan.
PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor menerjemahkan budaya yang abstrak itu
dalam nilai-nilai (value) budaya perusahaan. Nilai-nilai budaya perusahaan
tersebut adalah ”Lima Nilai Semangat Kerja” ( Integritas, Profesionalisme,
Kepuasan Pelanggan, Keteladanan dan Penghargaan Kepada SDM) dan ”Sepuluh
Sikap Kerja” ( Fokus, Antisipatif dan Responsif, Koordinasi, Pemberdayaan,
Pertanggungjawaban, Keteladanan, Efektif dan Efisien, Kemauan Berubah,
Peningkatan Kemampuan, Konsisten). Nilai-nilai budaya perusahaan ini akan
dikaji hubungannya dengan disiplin kerja karyawan.
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Pakuan Kota Bogor,
sebagai sebuah perusahaan daerah yang memiliki wewenang monopoli
dalam penyediaan kebutuhan konsumsi air bersih bagi masyarakat di Kota
Bogor menyadari arti pentingnya penciptaan budaya perusahaan sebagai
karakteristik perusahaan. PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor mencoba
menerjemahkan apa yang diinginkan oleh perusahaan sebagai budaya
perusahaan bagi seluruh karyawannya dalam ”Lima Nilai Semangat Kerja”
dan ”Sepuluh Sikap Kerja” yang dijadikan pedoman perilaku kerja bagi
seluruh karyawannya. Perusahaan menilai pentingnya karyawan memiliki
persepsi yang sama tentang pedoman perilaku kerja sehingga nilai-nilai
tersebut dapat diterima, dimaknai dan dilakukan dengan pola yang sama
oleh seluruh karyawan. Nilai-nilai budaya perusahaan yang dilakukan oleh
karyawan diharapkan menjadi tuntunan bagi karyawan untuk bekerja dengan
baik sehingga akan mampu untuk meminimalisasi pelanggaran kerja yang
dilakukan oleh karyawan. Dalam pelaksanaannya, PDAM Tirta Pakuan Kota
Bogor tidak melakukan pengukuran dan patokan yang baku mengenai
pelaksanaan nilai-nilai budaya perusahaan. Perusahaan lebih menekankan
pada upaya untuk menjadikan agar nilai-nilai budaya perusahaan yang ada
mampu untuk terinternalisasi dalam pribadi karyawan sehingga akan secara
otomatis mempengaruhi perilaku kerjanya.
Perusahaan sendiri menangkap dan menerjemahkan makna dari nilainilai
budaya perusahaan bagi karyawan melalui peraturan-peraturan
perusahaan yang mampu untuk memberikan reward and punishment, bagi
karyawan yang telah melakukan nilai-nilai budaya tersebut. Kecenderungan
yang ditemukan dalam perusahaan adalah peningkatan poin prestasi pada
lembar penilaian prestasi kerja bagi karyawan yang sudah melakukan nilainilai
budaya tersebut karena nilai-nilai ini mendorong karyawan untuk
memiliki kepribadian kerja yang baik.
Penciptaan budaya perusahaan dilakukan dengan sosialisasi nilai-nilai
budaya kerja PDAM itu sendiri lewat pembacaan nilai-nilai budaya
perusahaan setiap hari selasa (pada saat apel kerja) di depan seluruh
karyawan dan melalui penempelan nilai-nilai tersebut pada dinding-dinding
perkantoran. Diharapkan dengan pelaksanaan hal itu, setiap karyawan akan
selau diingatkan kepada nilai-nilai tersebut dan berkomitmen untuk
melakukan pekerjaannya dengan disiplin dalam rangka mewujudkan visi dan
misi perusahaan.
Adapun nilai-nilai budaya perusahaan yang merupakan value dari
PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor adalah sebagai berikut:
a. Sepuluh sikap Kerja :
1. Fokus
2. Antisipatif dan Responsif
3. Koordinasi
4. Pemberdayaan
5. Pertanggungjawaban
6. Keteladanan
7. Efektif dan Efisien
8. Kemauan Berubah
9. Peningkatan Kemampuan
10. Konsisten

b. Lima Nilai Semangat Kerja
1. Integritas
2. Profesionalisme
3. Kepuasan Pelanggan
4. Keteladanan
5. Penghargaan Kepada SDM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar